Thursday, September 10, 2009

TUHAN TIDAK MENCIPTAKAN SAMPAH


Tuhan tidak menciptakan sampah.
Tugas dokter katolik : mengabdi kehidupan, dengan demikian dokter katolik diberi kesempatan berperan serta mewujudkan “evangelium vitae” (kabar baik kehidupan) melawan budaya kematian. (Piet Go)

Yesus menderita untuk kesembuhan kita, dokter harus menderita untuk kesembuhan pasien (menderita waktu dan tenaga). Orang sakit itu menderita, maka kita harus membantunya. Yesus memperhatikan, menyembuhkan setiap orang yang datang kepadaNya. Setiap orang yang datang kepada kita, harus kita berikan yang terbaik yang kita miliki.
CINTA, kebaikan (mau mengerti), kemanusiaan (mau melayani), gentle (menghormati manusia), kesabaran (kesudian untuk menderita), berasal dari spirit Allah yang memberi kedamaian pada kita.

DOKTER adalah alat dari Tuhan. Tuhan memberi kesembuhan lewat dokter.
DISIPLIN: harus belajar terus menerus tentang penyakit dan pengobatan, bekerja dengan integritas, jangan ambil jalan pintas karena penyakit adalah proses penyembuhan tidak ada yang instan untuk penyembuhan.

DEVOSI : komitmen dengan apa yang kita lakukan, belas kasih, cinta kasih
Profesi Dokter sebagai panggilan, dengan semangat Roh. Terlalu banyak pasien, kerakusan, mau banyak uang, sehingga sebagai bisnis, tidak ada God dan Spriritual, ini tidak baik (Piet Go)
PROFESIONALScience without religion is blind (Einstein)

Iman dokter katolik tidak cukup diungkapkan dalam ritual, melainkan juga harus menjadi sumber inspirasi hidup nyata sehari-hari.Spriritualitas menekankan iman dan sikap yang baik (meliputi sikap sosial), sedang profesionalitas mengedepankan cara yang tepat. (Piet Go)

No comments:

Post a Comment